Kamis, 24 Mei 2012

Petani Tobasa Dapat Bantuan Pupuk

Balige(MedanPunya.Com) Bantuan pupuk senilai Rp5 miliar disiapkan PT Angkasa Pura II Jakarta bagi sekitar 2.000 kelompok tani di Kabupaten Toba Samosir, guna mendukung pemenuhan target peningkatan produksi beras sebesar lima persen setiap tahunnya di daerah tersebut.

"Program bantuan lunak pupuk bagi petani tersebut dalam konteks memberhasilkan program nasional ketahanan pangan sehingga memperoleh surplus beras tahun 2014," kata Bupati Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, Kasmin Simanjuntak.

Ia mengatakan, pemerintah daerah setempat telah menempuh langkah-langkah kongkrit untuk meningkatkan target produksi pertanian melalui kerjasama dengan PT Angkasa Pura II Jakarta, dengan menyiapkan bantuan pupuk lunak senilai lima miliar rupiah dalam bentuk natura bagi kebutuhan petani di daerah itu.

Menurutnya, bantuan tersebut diperoleh dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (Community Social Responsilbility /CSR) PT Angkasa Pura II Jakarta, yang akan disalurkan melalui PT Sang Hyang Seri.

Kasmin menyebutkan, rencana pemberian bantuan itu, diawali dengan melakukan sosialiasi bersama sejumlah pemangku kepentingan daerah setempat, guna membahas berbagai faktor pendukung keberhasilan program peningkatan produksi sehingga ketahanan pangan bisa dicapai melalui penyediaan sarana dan prasarana produksi pertanian.

Dikatakannya, sarana dan prasarana itu berupa intensifikasi pertanian dengan bibit unggul, rehabilitasi jaringan irigasi desa dan jaringan irigasi usaha tani, serta penggunaan pupuk organik dan pupuk lainnya secara berimbang serta pengolahan lahan dengan menggunakan alat mesin pertanian dalam sekolah lapang pengelolaan tanam terpadu .

Ia juga berharap para kelompok tani penerima bantuan dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan baik, karena hasilnya akan meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Ketua DPRD Tobasa, Sahat Panjaitan menambahkan, bantuan pupuk lunak yang disiapkan PT Angkasa Pura II itu dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan taraf hidup para petani dalam wilayah setempat.

"Manfaatkan bantuan tersebut sebaik-baiknya agar program serupa bisa berkelanjutan pada masa-masa mendatang," katanya.

Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Jakarta, Laurensus Manurung berharap, agar bantuan itu bisa mendorong petani setempat mengejar ketertinggalan pada sektor pertanian, sehingga peningkatan produksi beras sebesar lima persen setiap tahunnya di daerah tersebut bisa terpenuhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar